Tips Fotografi: Memotret Foto Dokumentasi Sebuah Event

Dalam setiap memotret event atau sebuah acara atau kegiatan apapun, entah itu seminar, outbound, foto pernikahan (wedding photo) dan lain sebagainya, kita selaku fotografer utamanya harus berusaha datang paling awal dan pulang paling akhir.

Mengapa begitu? Mari kita simak & diskusikan tips fotografi berikut ini:

HADIR AWAL
Tips fotografi ini penting sekali! Hadir lebih awal berfungsi agar kita bisa menggali informasiapapun tentang event yang akan kita potret tersebut. Kita juga bisa berkomunikasi lebih awal dengan tim panitia, wedding organizer, dan berkenalan dengan orang-orang kunci dalam kegiatan tersebut.

Hadir lebih awal, juga bermanfaat agar kita bisa kenal situasi dan kondisi lokasinya, kita bisa antisipasi pencahayaan, mencari sudut-sudut angle & komposisi pemotretan yang menarik, test shoot di beberapa titik penting agar dapat setting kamera, flash dll yang pas dan sesuai selera kita.

Tips Fotografi: Memotret Foto Dokumentasi Sebuah Event
Tips Fotografi: Memotret Foto Dokumentasi Sebuah Event

Manfaat terpenting ketika kita bisa hadir lebih awal adalah kita siap secara psikologis atas kondisi yang ada & siap secara teknis kebutuhan yang ada di lapangan.

Nah, lebih khususnya lagi ketika kita motret dokumentasi wedding atau pernikahan, fungsinya adalah agar pengantin, keluarga atau panitia atau wedding organizer-nya merasa lebih tenang karena kita sudah hadir di tempat acara.

Datang lebih awal sebelum kita memotret apapun, akan menjadikan kita terlihat lebih profesional… 🙂

PULANG TERAKHIR
Kenapa kita harus pulang paling akhir? Karena dengan kita pulang terakhir, kita bisa memantau secara keseluruhan acara. Kita bisa pastikan bahwa tidak ada acara penting yang terlewatkan oleh kita.

Khusus dalam memotret wedding, dengan kita pulang terakhir, kita bisa melayani permintaan khusus klien kita. Kadang, mereka minta di foto narsis yang menarik, yang terkadang tidak kita dapatkan ketika prosesi sedang berlangsung. Kita bisa candid beragam ekspresi usai acara rampung. Ingat, kadang kita punya klien yang memang gak bisa ‘plong’ bebas berekspresi ketika sedang banyak orang. Manfaatkan moment ini dengan baik agar kita dapat foto pernikahan yang menarik ya 🙂

Nah, sekian, semoga bermanfaat ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s